Dandim 0606/Kota Bogor Hadiri  Kick Off dan Deklarasi Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB, ) Tahun 2024

Dandim 0606/Kota Bogor Hadiri  Kick Off dan Deklarasi Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB, ) Tahun 2024

Smallest Font
Largest Font

Bogor,-- Pemerintah Kota Bogor menggelar Kick Off dan Deklarasi Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB, Kegiatan Tersebut di Pimpin Oleh PJ Wali Kota Bogor, Hery Antasari di Hadiri Sekitar 100 Orang.Bertempat di Ruang Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor jln.Ir Juanda No 10 Bogor Tengah kota Bogor, Kamis (30/5/2024).

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online adalah sebuah sistem yang dirancang sebagai sumber/pusat informasi dalam proses pengelolaan penerimaan peserta didik baru jenjang SD dan SMP, dimulai dari pendaftaran, seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleksi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dilakukan secara online yang terdiri dari 4 jalur yaitu, Jalur Afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Jalur Zonasi, Jalur Perpindahan Orang Tua, Maslahat, dan GTK, dan Jalur Prestasi.

Dandim 0606/Kota Bogor, Kol. Inf Fikri Ferdian ,Sos MM menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, seluruh unsur satuan pendidikan bersama-sama menandatangani pakta integritas terkait penyelenggaraan PPDB yang bersih.

"Semua satuan pendidikan, sekolah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan menandatangani pakta integritas. Inti pakta integritas itu sosialisasi dan pemantauan supaya tidak ada penyimpangan," ujar Dandim.

Sementara Itu PJ Wali Kota Bogor Hery Antasari Dalam Sambutannya Menyampaikan, Pemerintah kota Bogor melakukan evaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru PPDB tahun 2024, dengan adanya penyiapan tim gabungan untuk mekanisme standar operasional prosedur baru karena pada tahun sebelumnya terjadi polemik pada data administrasi kependudukan adminduk.

" Saat ini mekanisme standar operasional prosedur berlangsung dengan melibatkan seluruh pihak tidak hanya dinas pendidikan, Untuk itu penguatan sumber daya manusia pada dinas kependudukan dan catatan sipil untuk bisa melakukan verifikasi administrasi kependudukan terutama pada jenjang zonasi dengan juga melibatkan aparatur kecamatan dan kelurahan berlangsung secara menyeluruh", Ungkapnya.

" Semua dinas terkait akan menjadi satu tim gabungan terkait PPDB ini sehingga bisa ada keselarasan, koordinasi dan komunikasi jika ada data administrasi kependudukan yang tidak valid untuk bisa dilakukan verifikasi secara administrasi atau lapangan, Masyarakat juga dapat mengakses semua layanan di dinasnya melalui online sehingga tidak perlu mengantri Terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan terutama saat nanti PPDB berlangsung untuk menjadi layanan prima", Pj Walikota Bogor Menambahkan.

" Diharapkan Koordinasi yang dibangun antara Dinas Pendidikan, Disdukcapil dan stakeholder terkait sejak awal, dapat memitigasi kejadian kecurangan kembali terulang", Pungkasnya.

Hadir Dalam Acara.Dandim 0606 Kota Bogor Kol. Inf Fikri Ferdian ,Sos MM, Kapolresta Bogor Kota KBP. Dr. Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.I.K., M.H, Dandenpom III / I Bogor Mayor CPM, Aditya Mahdi, Kajari Kota Bogor Ibu Waito Wongateleng, S.H., M.H,  Ka PN Bogor / yang mewakili,  Ketua DPRD Kota Bogor H. Atang Trisnanto, S.Hut., M.Si.,Sekda Kota Bogor Dr. Syarifah Sofiah,  Asda Kota Bogor Eko Prabowo, Kepala Dinas Pendidikan irwan Riyanto, , Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor Ganjar Gunawan,.A.P, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Iceu Pujiati,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga , Kepala Dinas Sosial ( Bpk.Dani), Perwakilan KCD Pendidikan Jabar Wilayah II Kota Bogor, Ka. TK Mexindo (KARSAH S.Pd.AUD), Ka. TK Motekar (DIAH SADIAH S.Pd.AUD), Ka. SD Julang (SYAEFUDIN S.Pd.,M.Pd),  Ka SDN Papandayan (NURDAHNIAR S.Pd.), Ka. SMPN 1 (ESTIZA SEPTIANA M.Pd), dan Ka. SMPN 2 (TATI KARWATI S.Pd.).

(M Ibing / Sumber : Pendim 0606/KB)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Hera Author