Serka Masdi, Babinsa Kelurahan Pakansari Koramil 0621-01/Cibinong Pantau Kegiatan Scrining PTM di Posyandu Kenanga

Serka Masdi, Babinsa Kelurahan Pakansari Koramil 0621-01/Cibinong Pantau Kegiatan Scrining PTM di Posyandu Kenanga

Smallest Font
Largest Font

Cibinong, Jurnal Cakrawala - Serka Masdi, Babinsa Kelurahan Pakansari Koramil 0621-01/Cibinong melaksanakan pemantauan Scrining PTM (penyakit tidak menular) di pos Yandu kenanga RW 10, Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) sendiri menurut Serka Masdi merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat (UKM), yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular dengan melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring-evaluasi.

Kemudian Serka Masdi mengatakan bahwa Deteksi dini Penyakit Tidak Menular merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran.

Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko.

Dimana Salah satu strategi yang dikembangkan pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular ini, kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa, kegiatan Skrining meliputi kegiatan timbang berat badan, ukur tinggi badan, ukur lingkar perut, ukur tekanan darah, perhitungan IMT (Indeks Massa Tubuh), ukur kolesterol dan ukur gula darah.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Hera Author