Babinsa Desa Tangkil Koramil 0621-03/Ctrp, Serma Suryadi Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Pertanian dan Perikanan Aquaponik

Babinsa Desa Tangkil Koramil 0621-03/Ctrp, Serma Suryadi Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Pertanian dan Perikanan Aquaponik

Smallest Font
Largest Font

Bogor, Jurnal Cakrawala - Babinsa Desa Tangkil Koramil 0621-03/Ctrp, Serma Suryadi menggelar pelatihan dan sosialisasi pertanian dan perikanan Aquaponik.

Citeureup merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kawasan peruntukan pertanian tanaman hortikultura dan budidaya ikan air tawar. Keterangan tersebut disampaikan oleh Babinsa.

Untuk meningkatkan produktivitas tanaman holtikultura di kecamatan Citeureup khususnya di desa tangkil maka Babinsa desa tangkil dengan menggandeng beberapa pihak yang memahami tentang budidaya aquaponik, menggelar pelatihan dan sosialisasi pertanian dan perikanan Aquaponik.

Mereka yang dilibatkan pada kegiatan tersebut diantaranya yaitu Ir.Danang selaku Dosen UNHAN, kemudian Sersan Mayor Cadet Saatra sebagai Nara sumber, lalu Sekdes dan Staf Desa Tangkil, BPD Desa Tangkil dan tentunya para petani peserta sosialisasi.

Menurut Serma Suryadi, Babinsa bersama benerapa pihak menggelar kegiatan pelatihan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan melatih masyarakat dalam pengembangan sistem budidaya aquaponik. Dimana kegiatan ini dilakukan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan sistem budidaya aquaponik.

Upaya peningkatan produktivitas pertanian, dapat dilakukan dengan menggunakan inovasi sistem budidaya aquaponik.  Hal iti tentunya sangat berguna untuk meningkatkan potensi perekonomian wilayah di bidang pertanian dan perikanan.

"hampir seluruh peserta yang hadir telah memahami pemaparan materi sosialisasi budidaya aquaponik, dan nampaknya mereka tertarik dalam pengembangan sistem budidaya aquaponik di daerah tersebut."ujar Serma Suryadi.

Ia pun berharap agar Rakitan sistem budidaya aquaponik percontohan yang diserahkan dapat menunjukkan pertumbuhan yang baik. Dimana hal tersebut menjadi salah satu indikator keberhasilan kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan implementasi pemahaman masyarakat. ***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Hera Author