Wakapolres Aceh Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024

Wakapolres Aceh Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024

Smallest Font
Largest Font

Aceh, Bertempat di Lapangan Sarja Arya Racana, Polres Aceh Timur, Polda Aceh melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024 yang dipimpin oleh Wakapolres Kompol Iswar, S.H. Senin, (15/07/2024).

Dalam amanatnya Wakapolres membacakan sambutan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H. M.M. mengatakan Operasi Patuh Seulawah dilaksanakan setiap tahun dan merupakan operasi kewilayahan sesuai kalender kamtibmas.

"Operasi ini juga berdasarkan hasil analisis dan evaluasi kamseltibcarlantas tahun 2023 dan 2024 di wilayah hukum Polda Aceh," kata Wakapolres.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Operasi Patuh ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir fatalitas korban laka lantas.

"Keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat Aceh terhadap hukum dan ketentuan-undangan lalu lintas pada umumnya sangat memprihatinkan," sebut Iswar.

Menurutnya, apabila tidak dilakukan langkah strategi untuk meningkatkan keselamatan dan kepatuhan hukum masyarakat, maka akan menimbulkan kerugian, bukan saja korban jiwa, tetapi juga kerugian di bidang ekonomi.

“Hal ini merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak dapat ditangani sendiri oleh Polri, akan tetapi diperlukan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar permasalahan dan memutuskan penyelesaian penyelesaiannya secara tuntas dan menyeluruh,” Ungkap Wakapolres.

Oprasi Patuh Seulawah 2024 yang mengusung tema ” Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas” akan digelar Selama 14 hari yaitu dari tanggal 15 sampai dengan 28 Juli 2024 di seluruh wilayah Aceh, dengan mengendapkan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis serta penegakan hukum guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Gelar Pasukan ini sendiri katanya, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi, sehingga dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai target serta sasaran yang ditetapkan.

Dikatakannya juga melalui upaya penegakkan hukum secara tegas dan humanis terhadap pelanggaran Lalu Lintas yang menjadi sasaran beberapa prioritas , maka pelaksanaan operasi ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini diantaranya; Pejabat Instansi terkait, PJU, Para Kapolsek Jajaran dengan peserta Apel dari unsur TNI- Polri, Sat pol PP dan Dishub.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Hera Author